Minggu, 22 Januari 2012

KKN desa cengal


UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT AKAN PENTINGNYA  MADRASAH DINIYAH  TERHADAP AKIDAH AKHLAK ANAK-ANAK DESA CENGAL MELALUI PENGABDIAN  KE
MD NURUL HUDA

Di Desa Cengal Kecamatan Japara Kabupaten Kuningan
Diajuakan Untuk Memenuhi Tugas Individu Pada Satu Mata Kuliah
KKN (Kuliah Kerja Nyata) IAIN Syekh Nur Jati Cirebon



 


Disusun oleh
Nama                           :Abdul Rohman
Nim                             :58210032
Kelompok                   :45 (Empat puluh lima)
Desa/kecamatan          :Cengal / Japara
DPL                            :Hasan Saefulloh, M. Ag


LEMBAGA PENELITIAN KEPADA MASYARAKAT (LPM)
PUSAT PENELITIAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKA (P3M)
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
 SYEKH NUR JATI
CIREBON
2 0 11




 
LEMBAR PENGESAHAN

Laporan individual ini disusun dalam rangka memenuhi persyaratan Kuliah Kerja Nyata (KKN) II semester genap tahun akademik 2011/2012 IAIN syekh Nurjati Cirebon di Dusun II,III,VI, dan VII Desa Cengal Kecamatan Japara Kabupaten Kuningan.

Laporan ini telah di presentasikan di hadapan tim penguji pada tanggal… Agustus 2011 di IAIN Syekh Nurjati Cirebon dan telah dilakukan perbaikan seperlunya.

                                                                          Disahkan pada senin 18 Agustus 2011

     Dosen Pembimbing Lapangan                                        Peneliti


                       
     Hasan Saefuloh, M.Ag                                                Abdul Rohman
     NIP. 197105042000031001                                          NIM.58210032

                                                         Mengesahkan,
     Kepala P3M
     IAIN Syekh Nur Jati                                                      Penguji,





Drs. H. Samsudin, M.Ag.                                         Drs.TOHIDIN,M.Pd                                      NIP. 19610328 199303 1 00                                     NIP.19503081999031002  

      


KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Ilahi Rabbi yang telah memberikan kesehatan yang amat berharga kepada seluruh hamba-Nya sehingga semua orang mampu untuk memberikan yang terbaik terhadap hidup mereka. Rahmat beserta Salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada junjungan kita yakni Nabi Muhammad SAW. Beserta para keluarganya yang senantiasa memberikan dukungan terhadap semua yang dilakukannya dalam menegakkan agama Islam yang dibawanya. Kepada para sahabatnya yang turut membantunya dalam mengangkat harkat dan derajat agama Islam di mata dunia. Dan terakhir kepada kita selaku umatnya yang mengaku cinta kepadanya dan senantiasa melaksanakan apa yang disunahkan olehnya.
Alhamdulillah, berkat rahmat Allah SWT, kami dapat melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berlangsung dari tanggal 27 Juni s/d 05 Agustus 2011, yang berlokasi di Dusun II,III,VI, dan VII Desa Cengal Kecamatan Japara Kabupaten Kuningan, yang dilengkapi dengan penyusunan laporan akhir kegiatan KKN sebagai bukti otentik dari pelaksanaan KKN tersebut.
Keberhasilan kegiatan KKN ini kami rasakan berkat adanya dukungan atau partisipasi dari berbagai pihak yang ikut membantu terlaksananya kegiatan KKN ini. Untuk itu, pada kesempatan ini, dengan segala hormat kami  haturkan terima kasih kepada yang terhormat:
1.      Bapak Bupati Kepala Daerah Kabupaten Kuningan selaku Pembina
2.      Bapak Ketua IAIN Syekh Nurjati selaku Penanggung Jawab
3.      Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM)  IAIN Syekh Nurjati Cirebon
4.      Pusat Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) IAIN Syekh NurJati
5.      Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Kelompok 45 Desa Cengal 1
6.      Bapak Camat selaku Kepala Wilayah Kecamatan Japara
7.      Bapak Kuwu/Kepala Desa Cengal beserta staff jajarannya
8.      Para Ulama, Tokoh Masyarakat dan Pemuda Karang Taruna Desa Cengal
9.      Rekan-Rekan mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN)
10.  Seluruh pihak yang terkait yang tidak dapat kami sebutkan yang telah banyak membantu kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Semoga amal dari semua pihak yang kami terima, dicatat sebagai amal soleh oleh Allah SWT. Dan mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT. Amiiiin……
Kami menyadari sepenuhnya bahwa laporan akhir mahasiswa ini jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kami mengharapkan saran dan kritik bersifat konstruktif demi kebaikan laporan KKN kami.
Kami mengharapkan laporan ini dapat dijadikan sebagai sumbangsih untuk kemajuan bersama terutama untuk lokasi tempat Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2011 ini, di Dusun II,III,VI, dan VII Desa Cengal  yang memiliki pemandangan yang cukup indah itu, akhirnya kami haturkan do'a semoga laporan ini bermanfaat bagi kami, masyarakat pada umunya dan warga Desa Cengal pada khususnya serta bagi pembaca sekalian. Amien ya Robbal '  alamin


Cirebon, 05 Agustus 2011



 Penyusun






UPAYA MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT AKAN PENTINGNYA MADRASAH DINIYAH  TERHADAP AKIDAH AKHLAK ANAK-ANAK DESA CENGAL MELALUI PENGABDIAN KE
MD NURUL HUDA

 Desa Cengal merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Japara, Kabupaten Kuningan. Desa merupakan bentuk pemerintahan yang paling kecil. Setiap desa memiliki program pembangunan yang harus dijalankan untuk mewujudkan desa dengan memiliki warga yang hidup merata dan sejahtera. Untuk mewujudkannya, tentu program pembangunan tersebut harus dilakukan dengan kerjasama yang baik antara semua elemen masyarakat setempat.
Madrasah Diniyah  Nurul Huda adalah satuan pendidikan keagamaan jalur luar sekolah yang menyelenggarakan pendidikan agama Islam tingkat dasar dengan masa belajar empat tahun, dan jumlah jam belajar 18 jam pelajaran/minggu. Madrasah Diniyah Nurul Huda  sebagai satuan pendidikan keagamaan jalur luar sekolah di lingkungan Departemen Agama, berada di dalam pembinaan dan bertanggung jawab kepada Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten atau Kota,  Pendidikan Madrasah Diniyah Nurul Huda  yang dimaksud adalah lembaga pendidikan informal yang terfokus pada pembelajaran agama Islam.
Sikap beragama yang dimaksud pada penelitian ini adalah kebisaaan bertindak siswa Madrasah Diniyah yang berhubungan dengan agama, seperti mengerjakan solat, mangaji, belajar adzan, mengucap basmallah bila akan memulai suatu kegiatan, mengucap salam ketika memasuki dan meninggalkan ruangan serta sopan terhadap kedua orang tua.
Madrasah Diniyah Nurul Huda merekrut siswa usia sekolah dasar, usia 5-13 tahun. Background pendidikan siswa Madrasah Diniyah beragam, ada yang dari sekolah negeri maupun swasta umum, dan sekolah diniyah.
Domisili Madrasah Diniyah Nurul Huda di daerah desa Cengal dusun 4,adapun siswa Madrasah Diniyah Nurul Huda  ada sebagian di luar dusun 4,ada yang dari dusun 6 dan dusun 2. Pekerjaan orang tua siswa pun beragam, buruh, wiraswasta,  petani, pegawai swasta dan pegawai negeri. Yang dimaksud dengan pengaruh pendidikan Madrasah Diniyah Nurul Huda terhadap sikap beragama siswa Madrasah Diniyah Nurul Huda adalah pengaruh pendidikan Madrasah Diniyah Nurul Huda  terhadap kebisaaan bertindak siswa Madrasah Diniyah  yang berhubungan dengan  ini adalah pendidikan Madrasah Diniyah  dapat berpengaruh  pada sikap beragama siswa Madrasah Diniyah Nurul Huda,  dan akan lebih meningkat lagi terhadap  ibadah dan akhlak anak-anak MD tersebut.
Madrasah Diniyah Nurul Huda merupakan salah satu hasil usaha dari seseorang yang sangat perduli dengan moral akhlak anak-anak jaman sekarang, guna untuk membina kepribadiannya yang sesuai dengan nilai-nilai islam didalam masyarakat dan bangsa. Pada hakekatnya dengan manfaat adanya Madrsah Diniyah Nurul Huda di desa Cengal ini, sekiranya anak-anak mampu memahami syariat-syariat islam, dan bisa mencegah perbuatan keji dan munkar dan khususnya untuk pada diri anak-anak desa Cengal sendiri, terutama dalam amanah dan tugas yang diembannya dari Allah SWT, yaitu sebagai khalifah di muka bumi ini sehingga pada penghambaan dirinya sebagai seorang muslim, serta dapat menyempurnakan akhlaknya dan mencapai kebahagiaan hidup di dunia akherat.
 Pada dasarnya jiwa manusia sudah diisi dengan ketauhidan. Manusia diberikan jalan yang mengantarkan mereka untuk mengerti dan memahami akan ke-Esaan Tuhan melalui agama. Jadi manusia tidak dapat lepas dari agama. Lingkungan yang bernuansa religi sangat dibutuhkan umat manusia, karena agama memiliki peran yang amat penting dalam kehidupan umat manusia. Agama menjadi pemandu dalam upaya mewujudkan suatu kehidupan yang bermakna, damai dan bermartabat. Menyadari pentingnya peran agama bagi kehidupan umat manusia, maka internalisasi nilai-nilai agama dalam kehidupan setiap pribadi menjadi sebuah keniscayaan yang ditempuh melalui Pendidikan Madrasah Diniyah Nurul Huda yang ada di desa Cengal,akan tetapi  Melihat fenomena masyarakat yang tertera di atas, tampak jelas bahwa masyarakat membutuhkan stimulus agama islam yang lebih, terutama pada anak anaknya.
Oleh karena itu terciptanya inovasi pendidikan informal Madrasah Diniyah Nurul Huda (MD) di desa Cengal yang di bawah pembimbing pak Udin dengan istrinya yang begitu sabar dalam mendidik anak anak didiknya yaitu kader-kader anak yang soleh dan solekha, guna untuk menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya dan memiliki akhlak yang baik.
Untuk itu dalam membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Madrasah Diniyah Nurul Huda terhadap akidah akhlak anak-anak desa cengal, mahasiswa peneliti mengusulkan beberapa program kepada bapak udin selaku pimpinan madrsah diniyah nurul huda yang insya  Allah bisa menjadi program keseharian pada Madrasah Diniyah Nurul Huda seperti:
1.      Praktik sholat setiap hari kamis
Walaupun sholat adalah suatu hal yang harus dilaksanakan terutama sholat fardlu, Dalam mengajarkan sholat  tersebut kepada anak-anak yang awam, tidaklah ada penekanan yang setiap hari harus dilaksanakan praktek pengajarannya, karena islampun mengajarkan dalam berbagi pebgetahuan itu haruslah sabar dan perlahan. Untuk itu, nila program praktek sholat yang diadakan setiap hari kamis ini berjalan lancar, insya Allah ini bisa menjadi manfaat dalam keseharian anak-anak dalam mendirikan sholat fardlu dan sunnah.  
2.      Latihan adzan dan iqomah
Setiap anak-anak kelak tumbuh menjadi dewasa, bila saja masa kecilnya dilalui dengan mengandalkan oranglain saja dalam mengajak beribadah untuk menjalankan sholat lima waktu, apalagi kelak ia dewasa. Maka dari itu, moga program ini sangat bermanfaat dan bisa menggali potensi anak-anak dalam meningkatkan akhlaknya yang terpuji di masyarakat.
3.      Membiasakan anak anak MD untuk menabung
Banyak sekali manfaat menabung, salah satunya adalah membantu kesejahteraan financial baik untuk anak-anak itu sendiri maupaun orang tuanya.
4.      Rekreasi setiap 6 bulan sekali
Dalam melaksanakan proses belajar mengajar, tentu ada titik kejenuhan yang bisa diantisipasi dengan mengadakan rekreasi setiap 6 bulan sekali guna menambah kesenangan anak-anak dalam belajar agama untuk menumbuhkan sikap yang baik dan berakhlak terpuji. Amien.


Tujuan. Adapun arah dari tujuan dari permasalahan yang di angkat Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Akan Pentingnya Madrasah Diniyah Nurul Huda Terhadap Akidah Akhlak Anak-Anak Desa Cengal

 di desa Cengal, kecamatan Japara, kabupaten Kuningan adalah: tidak lain yaitu:
1.  Meningkatkan  betapa pentingnya pengaruh pendidikan agama islam melalui Madrasah Diniyah Nurul Huda untuk bekal kehidupan anak-anak mereka yang mempunyai akhlak yang baik dan anak anak desa cengal lebih rajin untuk beribadah, khususnya sholat berjamaah lima waktu.
2. Sebagai mahasiswa peneliti merasa khawatir akan kekurangan kesadaran masyarakat desa Cengal akan pendidikan agama, banyak sekali anak-anak yang bersikap kurang baik orang tua.
Agar hasil penelitian ini dapat menjadi usulan atau rekomendasi bagi pemerintah desa, pemerintah daerah dan tokoh masyarakat agar dapat memberikan sosialisasi dan pencerahan maupun seminar keagamaan.

Penutup
·         Harapan masyarakat
Harapan besar dari masyarakat hadir sejak pertama kali kami menempati desa Cengal, masyarakat mempunyai harapan dengan adanya mahasiswa KKN, semoga membawa dampak yang positif bagi masyarakat dan desa tersebut dan lebih membawa desa Cengal kearah yang lebih baik.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar