oleh: abdul rohman
1. Jelaskan
secara singkat Sejarah Periklanan di Indonesia & di Dunia!
Sejarah
Periklanan Dunia
·
Masa
sebelum ditemukannya mesin cetak
Pesan iklan dalam
bentuk tertulis mulai ditemukan pada masa Babylonia 3000 SM berupa kepingan
tanah liat (clay tablet) bertuliskan prasasti tentang dealer salep (ointment
dealer), juru tulis (scribe) dan pembuat sepatu.
Pada zaman Julius
Caesar di eropa banyak toko dan penginapan yang sudah pakai tanda, papan nama,
atau simbol, untuk membantu mereka yang buta huruf. Misalnya penginapan dengan
simbol Man in The Moon, Three Squirrels, Hole in The Wall.
·
Masa
setelah ditemukannya mesin cetak
Pada tahun
1690 lahir Public Occurencs Both Foreign and Dometic, Koran (tidak harian)
pertama di Amerika hanya membuat satu berita (issue).
Pada tahun
1704 Boston Newsletter, koan AS pertama yang muat iklan, berupa tawaran
hadiah bagi yang bisa menangkap pencuri baju.
Pada tahun
1740 poster cetak outdoor pertama muncul di London (disebut “hoarding”).
Pada tahun
1776 muncul iklan proklamasi kemerdekaan AS di Pennsylvania Evening Post
and Daily Advertiser, Koran yang terbit secara harian pertama di AS.
Pada
tahun 1875 di Philadelpia, dibuat agensi periklanan yang lebih multi
fungsiPada tahun 1880 John Power, penulis naskah iklan (copywriter)
pertama
Pada
tahun 1891 J Walter Thompson, Account Executive pertama.
Pada
tahun 1920 KDKA stasiun radio pertama di dunia lahir di Pittsburgh.
Pada
tahun 1922 Iklan pertama di radio duniaWEAF, New York.
Pada tahun
1939 NBC, stasiun tv pertama.
·
Iklan
penggunaan lampu hemat energi
Pemasaran melelui
internet membuka batas baru bagi periklanan dan memberikan kontribusi pada
‘boomingnya’ “dot-com” tahun 1990. Memasuki abad ke-21 sejumlah website,
termasuk ‘mesin pencarian google’ memulai perubahan dalam dunia periklanan
on-line dengan mengekspansi relevansi kontekstual, tidak menonjolkan iklan
dibandingkan dengan pemberian bantuan dan lebih utama ketimbang membanjiri
konsumen dengan brosur. Hal ini menandai kebangkitan dari upaya untuk
meningkatkan trend periklanan interaktif.
Sejarah
Periklanan Indonesia
·
Berawal
dari Gerobak Sapi
Pada tahun 1930an,
banyak poster dan papan reklame ditempel pada panel samping gerobak sapi yang
hilir mudik mengangkut barang.
·
Radio
“Amatir”
Radio swasta baru mulai
hadir cikal bakalnya di Indonesia sejak akhir tahun 1960-an, yaitu sejak
tumpasnya pemberontakan G30 S/PKI. Sebelumnya, di Indonesia hanya dienal RRI
yang telah mengudara sejak tahun 1945. RRI sendiri dapat dirunut sejarahnya
sejak stasiun radio bentukan pemerintah Hindia Belanda yang dikendalikan oleh
tentara pendudukan jepang.
Pada awalnya, beberapa
mahasiswa di Bandung secara iseng-iseng mengudara dengan pemancar sederhana
berkekuatan rendah. Pada waktu itu mereka menyebutnya sebaga radio amatir
sebuah istilah yang salah kaprah karena pengertian amateur radio menjeaskan
kegiatan yang berbeda dengan teknologi radio dua arah.
·
Awal
Artis Memasuki Periklanan Indonesia
Dasawarsa 1970an
ditandai dengan tampilanya selebritis Indonesia sebagai bintang iklan. Sabun
Lux produksi Unilever boleh jadi merupakan trendsenter di bidang itu.
Sejak dasawarsa 1950an, Lux sudah memakai slogan ”dipakai oleh 9 dari 10
bintang-bintang film”. Lux diidentifikasikan dengan bintang-bintang film
rupawan berkelas dunia, antara lain : Sophia Loren.
·
Kelahiran
Periklanan Modern Indonesia
Berbagai merk
internasional mulai bermunculan di Indonesia dan dengan garangnya berupaya
meraup pangsa pasar sebesar-sebesarnya. Coca cola, Toyota, Mitsubishi, Fuji
Film, American Express, Citibank, adalah sebagian dari nama-nama besar yang
mulai membanjiri pasar Indonesia. Pada saat yang sama, muncul pula local
brands yang dipicu oleh kemudahan mendapatkan kredit penanaman modal dari
lembaga-lembaga perbankan yang juga sedang bertumbuh pesat. Salah satu sektor
yang paling hidup pada dasawarsa 1970an itu adalah industri farmasi dengan
berbagai jenis obat baru yang diluncurkan pada saat itu antara lain adalah Bodrex-obat
sakit kepala yang populer hingga saat ini.
2.
Jelaskan apa yang
dimaksud “Kreatif”, “Orang kreatif” dan “Strategi kreatif”!
1.
Kreatif = kre·a·tif
/kréatif/ a 1 memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk
menciptakan; 2 bersifat (mengandung) daya cipta: pekerjaan yg --
menghendaki kecerdasan dan imajinasi ; ke·kre·a·tif·an n
perihal kreatif
2.
Orang kreatif adalah orang yang memiliki:
o
Rasa ingin tahu yang tinggi
o
Memunculkan ide orisinil
o
Selalu bersemangat dan pantang menyerah
o
Toleran terhadap ketidakpastian dan perubahan.
o
Fungsional, berguna dan bermanfaat
3.
Strategi kreatif (pemasaran -
periklanan) merupakan langkah yang dilakukan ‘periklanan’ dalam rangka mencapai
tujuan periklanan, meliputi; Penetapan target market/ audience, perencanaan
media, < viceversa, paralel> perencanaan pesan kreatif, kebijakan
eksekusi gaya dan daya tarik iklan.
·
Strategi kreatif bertujuan untuk menciptakan iklan sebagai
senjata ‘pemasaran’ yang efektif. (branding, promosi, positioning)
·
Strategi kreatif dilakukan dengan menjawab pertanyaan berikut:
What : apa tujuannya Who : siapa khalayak yang akan dijangkau. When : kapan
iklan dipasang Where : dimana iklan dipasang Why : mengapa harus demikian How :
bagaimana bentuk iklannya
3.
Jelaskan apa yang dimaksud dengan
Rumus Aidca dalam pembuatan iklan!
1.
Attention
(perhatian) berarti bahwa iklan harus mampu menarik perhatian khalayak sasaran.
Untuk itu, iklan membutuhkan bantuan ukuran, penggunaan warna, tata letak, atau
suara-suara khusus.
·
Size untuk media cetak
·
Air time untuk penyiaran
·
Warna (spot atau full color), tata letak
(lay out)
·
Jenis Huruf
·
Menggunakan headline, slogan yang mudah
di ingat.
2.
Interest (minat)
·
Iklan berurusan dengan bagaimana
konsumen berminat dan memiliki keinginan lebih jauh. Dalam hal ini konsumen
harus dirangsang agar mau membaca, mendengar, atau menonton pesan-pesan yang
disampaikan.
·
Perhatian harus segera ditingkatkan
menjadi minat agar pembeli ingin mengetahui lebih rinci
3.
Desire
(kebutuhan/keinginan) bermakna bahwa iklan harus mampu menggerakkan keinginan
orang untuk memiliki atau menikmati produk tersebut. Contoh :
LADY
CARD, Special Card For Special Lady.
Gudang
Garam Selera Pemberani
4.
Conviction (rasa
percaya)
·
Mengandung arti bahwa iklan harus mampu menciptakan
kebutuhan calon pembeli. Konsumen mulai goyah dan emosinya mulai tersentuh
untuk membeli produk tersebut
·
Untuk menimbulkan Ras Percaya pada diri
pembeli.
·
Menggunakan Pembuktian Ahli, Demo,
menggunakan artis public figure. memberikan pandangan positif pada konsumen
tentang produk.
5.
Action (tindakan)
mengandung arti bahwa iklan harus memiliki "daya" membujuk calon
pembeli agar sesegera mungkin melakukan suatu tindakan pembelian. Dalam hal ini
dapat digunakan kata beli, ambil, hubungi, rasakan, gunakan, dan lain-lain.
4.
Jelaskn dua patokan yang secara
umum perlu diperhatikan dalam membuat naskah iklan!
Pertama:
singkat dan padat, kata-kata dan ilustrasi yang dipilih hendaknya dapat
menggiring calon pembeli pada alur pemikiran yang jernih dan menarik.
Kedua: sederhana
dan sopan, iklan harus yakin atas apa yang akan ditulisnya.
5.
Jelaskan pedoman dasar dalam merancang
sebuah layout iklan!
Beberapa patokan atau
pedoman dasar untuk membuat atau merancang layout adalah sebagai berikut:
Unity ; berisi keseluruhan elemen iklan seperti
headline, subheadline, illustrasi, logo dan slogan, teks dan kadang-kadang ditambah
dengan formulir pembelian
Sequence; urutan
memberi petunjuk kepada pembaca untuk mengambil beberapa urutan perhatian pada
variasi elemen dalam iklan.
Balance ; penempatan yang seimbang antara
bidang iklan dengan biang lainnya baik antara bagian atas dengan bagian bawah
maupun bagian samping kiri dan bagian samping kanan atau secara dasar
menempatkan garis tengah yang seimbang (sepertiga atas dan dua pertiga bawah).
The law of balance terdiri dari dua jenis yaitu :
a. Formal balance : setiap item bentuk memiliki ukuran
yang hampir sama. Formal balance menonjolkan kestabilan, gengsi dan bersifat
serius
b. Informal balance ; setiap item bentuk tidak ada yang
memiliki ukuran sama, namun ukuran bobot visualnya tetap seimbang.
Emphasis; penekanan
pada bagian-bagian yang pokok atau penting dari produk yang ditawarkan.
Propotion: karena surat
kabar dan majalah berbentuk persegi panjang maka iklan selayaknya juga
berbentuk persegi panjang sehingga terlihat proposional.
Law of scale/ use
contrast to stand out ; perpaduan antara warna gelap dan terang akan
menghasilkan sesuatu yang kontras dan ini dapat digunakan untuk memberi tekanan
pada bagian-bagian tertentu dalam layout.
6.
Jelaskan tiga karakteristik lingkungan radio dan
tiga macam peralatan untuk menyampaikan pesan melalui iklan radio!
Book,
D.Cary, Tannenbaum dalam bukunya “ The Radio & Television Commercial “
menulis beberapa karakteristik radio
·
Radio: Terdapat dimana-mana
·
Radio: Bersifat memilih
·
Radio: Ekonomis
Terdapat tiga macam peralatan dalam menyampaikan
pesan melalui iklan radio atau radio spot :
o Suara manusia
Suara
manusia baik suara pemeran percakapan (voice) maupun
suara penyiar (announcer),
adalah
elemen yang paling penting. Suara-suara tersebut dapat terdengar dalam
suatu jingles, dialog, maupun pemberitahuan.
o Musik
Musik adalah elemen penting lainnya. Banyak iklan radio yang
menampilkan musik instrumental saja, tetapi tidak sedikit yang berupa jingle.
o Efek suara
Efek
suara dapat banyak membantu dalam pembuatan iklan radio. Efek suara ini bisa
merupakan suara aneh yang dapt menarik perhatian pendengar, atau suara latar belakang
yang memberi kesan hidup pada suatu percakapan.
7.
Sebutkan dan jelaskan teknik-teknik
visual untuk membuat naskah iklan televise!
Rancangan untuk iklan
di media ini, disamping memuat pesan iklan yang verbal untuk diperdengarkan,
juga memuat visual (gambar) untuk diperlihatkan kepada pemirsa. Oleh karena
itu, rancangan iklan televisi, memuat:
1. Script yang
terdiri dari dua kolom.
a.
Satu kolom sebelah kiri dibuat untuk
melukiskan rentetan adegan. Kolom kiri ini disebut dengan judul visual atau video.
b.
Kolom sebelah kanan dibuat untuk
menjelaskan suara apa saja yang harus atau akan terdengar pada saat visual
ditampilkan.
Script ini merupakan panduan untuk
membuat storyboard.
2. Gambar
Gambar yang ditampilkan
produk yang ditawarkan, gambar orang, kartun, maupun adegan lain sesuai dengan
jalannya cerita yang tertera dalam script.
8.
Buatlah contoh iklan media cetak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar