Senin, 23 Januari 2012

advertising



oleh: abdul rohman
1.      Jelaskan secara singkat Sejarah Periklanan di Indonesia & di Dunia!

Sejarah Periklanan Dunia
·         Masa sebelum ditemukannya mesin cetak
Pesan iklan dalam bentuk tertulis mulai ditemukan pada masa Babylonia 3000 SM berupa kepingan tanah liat (clay tablet) bertuliskan prasasti tentang dealer salep (ointment dealer), juru tulis (scribe) dan pembuat sepatu.
Pada zaman Julius Caesar di eropa banyak toko dan penginapan yang sudah pakai tanda, papan nama, atau simbol, untuk membantu mereka yang buta huruf. Misalnya penginapan dengan simbol Man in The Moon, Three Squirrels, Hole in The Wall.

·         Masa setelah ditemukannya mesin cetak
Pada tahun 1690 lahir Public Occurencs Both Foreign and Dometic, Koran (tidak harian) pertama di Amerika hanya  membuat satu berita (issue).
Pada tahun 1704 Boston Newsletter, koan AS pertama yang muat iklan, berupa tawaran hadiah bagi yang bisa menangkap pencuri baju.
Pada tahun 1740 poster cetak outdoor pertama muncul di London (disebut “hoarding”).
Pada tahun 1776 muncul iklan proklamasi kemerdekaan AS di Pennsylvania Evening Post and Daily Advertiser, Koran yang terbit secara harian pertama di AS.
Pada tahun 1875 di Philadelpia, dibuat agensi periklanan yang lebih multi fungsiPada tahun 1880 John Power, penulis naskah iklan (copywriter) pertama
Pada tahun 1891 J Walter Thompson, Account Executive pertama.
Pada tahun 1920 KDKA stasiun radio pertama di dunia lahir di Pittsburgh.
Pada tahun 1922 Iklan pertama di radio duniaWEAF, New York.
Pada tahun 1939 NBC, stasiun tv pertama.


·         Iklan penggunaan lampu hemat energi
Pemasaran melelui internet membuka batas baru bagi periklanan dan memberikan kontribusi pada ‘boomingnya’ “dot-com” tahun 1990. Memasuki abad ke-21 sejumlah website, termasuk ‘mesin pencarian google’ memulai perubahan dalam dunia periklanan on-line dengan mengekspansi relevansi kontekstual, tidak menonjolkan iklan dibandingkan dengan pemberian bantuan dan lebih utama ketimbang membanjiri konsumen dengan brosur. Hal ini  menandai kebangkitan dari upaya untuk meningkatkan trend periklanan interaktif.

Sejarah Periklanan Indonesia
·         Berawal dari Gerobak Sapi
Pada tahun 1930an, banyak poster dan papan reklame ditempel pada panel samping gerobak sapi yang hilir mudik mengangkut barang.

·         Radio “Amatir”
Radio swasta baru mulai hadir cikal bakalnya di Indonesia sejak akhir tahun 1960-an, yaitu sejak tumpasnya pemberontakan G30 S/PKI. Sebelumnya, di Indonesia hanya dienal RRI yang telah mengudara sejak tahun 1945. RRI sendiri dapat dirunut sejarahnya sejak stasiun radio bentukan pemerintah Hindia Belanda yang dikendalikan oleh tentara pendudukan jepang.
Pada awalnya, beberapa mahasiswa di Bandung secara iseng-iseng mengudara dengan pemancar sederhana berkekuatan rendah. Pada waktu itu mereka menyebutnya sebaga radio amatir sebuah istilah yang salah kaprah karena pengertian amateur radio menjeaskan kegiatan yang berbeda dengan teknologi radio dua arah.

·         Awal Artis Memasuki Periklanan Indonesia
Dasawarsa 1970an ditandai dengan tampilanya selebritis Indonesia sebagai bintang iklan. Sabun Lux produksi Unilever boleh jadi merupakan trendsenter di bidang itu. Sejak dasawarsa 1950an, Lux sudah memakai slogan ”dipakai oleh 9 dari 10 bintang-bintang film”. Lux diidentifikasikan dengan bintang-bintang film rupawan berkelas dunia, antara lain : Sophia Loren.



·         Kelahiran Periklanan Modern Indonesia
Berbagai merk internasional mulai bermunculan di Indonesia dan dengan garangnya berupaya meraup pangsa pasar sebesar-sebesarnya. Coca cola, Toyota, Mitsubishi, Fuji Film, American Express, Citibank, adalah sebagian dari nama-nama besar yang mulai membanjiri pasar Indonesia. Pada saat yang sama, muncul pula local brands yang dipicu oleh kemudahan mendapatkan kredit penanaman modal dari lembaga-lembaga perbankan yang juga sedang bertumbuh pesat. Salah satu sektor yang paling hidup pada dasawarsa 1970an itu adalah industri farmasi dengan berbagai jenis obat baru yang diluncurkan pada saat itu antara lain adalah Bodrex-obat sakit kepala yang populer hingga saat ini.

2.      Jelaskan apa yang dimaksud “Kreatif”, “Orang kreatif” dan “Strategi kreatif”!

1.      Kreatif = kre·a·tif  /kréatif/ a   1  memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan; 2  bersifat (mengandung) daya cipta:  pekerjaan yg -- menghendaki kecerdasan dan imajinasi ;  ke·kre·a·tif·an   n  perihal kreatif
2.      Orang kreatif adalah orang yang memiliki:
o   Rasa ingin tahu yang tinggi
o   Memunculkan ide orisinil
o   Selalu bersemangat dan pantang menyerah
o   Toleran terhadap ketidakpastian dan perubahan.
o   Fungsional, berguna dan bermanfaat
3.      Strategi kreatif (pemasaran - periklanan) merupakan langkah yang dilakukan ‘periklanan’ dalam rangka mencapai tujuan periklanan, meliputi; Penetapan target market/ audience, perencanaan media, < viceversa, paralel> perencanaan pesan kreatif, kebijakan eksekusi gaya dan daya tarik iklan.
·         Strategi kreatif bertujuan untuk menciptakan iklan sebagai senjata ‘pemasaran’ yang efektif. (branding, promosi, positioning)
·         Strategi kreatif dilakukan dengan menjawab pertanyaan berikut: What : apa tujuannya Who : siapa khalayak yang akan dijangkau. When : kapan iklan dipasang Where : dimana iklan dipasang Why : mengapa harus demikian How : bagaimana bentuk iklannya



3.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan Rumus Aidca dalam pembuatan iklan!
1.      Attention (perhatian) berarti bahwa iklan harus mampu menarik perhatian khalayak sasaran. Untuk itu, iklan membutuhkan bantuan ukuran, penggunaan warna, tata letak, atau suara-suara khusus. 
·         Size untuk media cetak
·         Air time untuk penyiaran
·         Warna (spot atau full color), tata letak (lay out)
·         Jenis Huruf
·         Menggunakan headline, slogan yang mudah di ingat.
2.      Interest (minat)
·         Iklan berurusan dengan bagaimana konsumen berminat dan memiliki keinginan lebih jauh. Dalam hal ini konsumen harus dirangsang agar mau membaca, mendengar, atau menonton pesan-pesan yang disampaikan. 
·         Perhatian harus segera ditingkatkan menjadi minat agar pembeli ingin mengetahui lebih rinci
3.      Desire (kebutuhan/keinginan) bermakna bahwa iklan harus mampu menggerakkan keinginan orang untuk memiliki atau menikmati produk tersebut. Contoh :
                LADY CARD, Special Card For Special Lady.
                Gudang Garam Selera Pemberani

4.      Conviction (rasa percaya)
·         Mengandung arti bahwa iklan harus mampu menciptakan kebutuhan calon pembeli. Konsumen mulai goyah dan emosinya mulai tersentuh untuk membeli produk tersebut
·         Untuk menimbulkan Ras Percaya pada diri pembeli.
·         Menggunakan Pembuktian Ahli, Demo, menggunakan artis public figure. memberikan pandangan positif pada konsumen tentang produk.
5.      Action (tindakan) mengandung arti bahwa iklan harus memiliki "daya" membujuk calon pembeli agar sesegera mungkin melakukan suatu tindakan pembelian. Dalam hal ini dapat digunakan kata beli, ambil, hubungi, rasakan, gunakan, dan lain-lain.


4.      Jelaskn dua patokan yang secara umum perlu diperhatikan dalam membuat naskah iklan!
Pertama: singkat dan padat, kata-kata dan ilustrasi yang dipilih hendaknya dapat menggiring calon pembeli pada alur pemikiran yang jernih dan menarik.
Kedua: sederhana dan sopan, iklan harus yakin atas apa yang akan ditulisnya.

5.      Jelaskan pedoman dasar dalam merancang sebuah layout iklan!
Beberapa patokan atau pedoman dasar untuk membuat atau merancang layout adalah sebagai berikut:
Unity   ; berisi keseluruhan elemen iklan seperti headline, subheadline, illustrasi, logo dan slogan, teks dan kadang-kadang ditambah dengan formulir pembelian
Sequence; urutan memberi petunjuk kepada pembaca untuk mengambil beberapa urutan perhatian pada variasi elemen dalam iklan.
Balance           ; penempatan yang seimbang antara bidang iklan dengan biang lainnya baik antara bagian atas dengan bagian bawah maupun bagian samping kiri dan bagian samping kanan atau secara dasar menempatkan garis tengah yang seimbang (sepertiga atas dan dua pertiga bawah). The law of balance terdiri dari dua jenis yaitu :
a. Formal balance        : setiap item bentuk memiliki ukuran yang hampir sama. Formal balance menonjolkan kestabilan, gengsi dan bersifat serius
b. Informal balance     ; setiap item bentuk tidak ada yang memiliki ukuran sama, namun ukuran bobot visualnya tetap seimbang.
Emphasis; penekanan pada bagian-bagian yang pokok atau penting dari produk yang ditawarkan.
Propotion: karena surat kabar dan majalah berbentuk persegi panjang maka iklan selayaknya juga berbentuk persegi panjang sehingga terlihat proposional.
Law of scale/ use contrast to stand out ; perpaduan antara warna gelap dan terang akan menghasilkan sesuatu yang kontras dan ini dapat digunakan untuk memberi tekanan pada bagian-bagian tertentu dalam layout.





6.      Jelaskan tiga karakteristik lingkungan radio dan tiga macam peralatan untuk menyampaikan pesan melalui iklan radio!
Book, D.Cary, Tannenbaum dalam bukunya “ The Radio & Television Commercial “ menulis beberapa karakteristik radio
·         Radio: Terdapat dimana-mana
·         Radio: Bersifat memilih
·         Radio: Ekonomis
Terdapat tiga macam peralatan dalam menyampaikan pesan melalui iklan radio atau radio spot :
o   Suara manusia
Suara manusia baik suara pemeran percakapan (voice) maupun suara   penyiar (announcer),
 adalah elemen yang paling penting. Suara-suara tersebut dapat terdengar dalam suatu jingles, dialog, maupun pemberitahuan.
o   Musik
Musik adalah elemen penting lainnya. Banyak iklan radio yang menampilkan musik instrumental saja, tetapi tidak sedikit yang berupa jingle.
o   Efek suara
Efek suara dapat banyak membantu dalam pembuatan iklan radio. Efek suara ini bisa merupakan suara aneh yang dapt menarik perhatian pendengar, atau suara latar belakang yang memberi kesan hidup pada suatu percakapan.

7.      Sebutkan dan jelaskan teknik-teknik visual untuk membuat naskah iklan televise!
Rancangan untuk iklan di media ini, disamping memuat pesan iklan yang verbal untuk diperdengarkan, juga memuat visual (gambar) untuk diperlihatkan kepada pemirsa. Oleh karena itu, rancangan iklan televisi, memuat:
1.      Script yang terdiri dari dua kolom.
a.       Satu kolom sebelah kiri dibuat untuk melukiskan rentetan adegan. Kolom kiri ini disebut dengan judul visual atau video.
b.      Kolom sebelah kanan dibuat untuk menjelaskan suara apa saja yang harus atau akan terdengar pada saat visual ditampilkan.
Script ini merupakan panduan untuk membuat storyboard.

2.      Gambar
Gambar yang ditampilkan produk yang ditawarkan, gambar orang, kartun, maupun adegan lain sesuai dengan jalannya cerita yang tertera dalam script.


8.      Buatlah contoh iklan media cetak


Flowchart: Punched Tape: DI CARI
Pemain local untuk produksi FILM CERBONAN
Pria, umur: 20-30 tahun
Bisa berbahasa jawa dan karma inggil
Info: 081312000943
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar